Dekan berharap Alumni FMIPA terapkan Long Life Education

“Alumni FMIPA UNEJ diharapkan untuk mampu menerapkan sebuah ungkapan Long Life Education, yakni tidak berhenti untuk belajar setelah selesaikan studi atau wisuda sarjana khususnya dalam belajar untuk hidup yang lebih baik lagi” awal Dekan Fakultas MIPA Drs. Sujito, Ph.D. dalam sambutan acara Pelepasan Alumni di Ruang Kuliah Umum Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Jember (5/4). “Sebagai bekal untuk hidup yang lebih baik selepas kuliah adalah dengan meningkatkan softskill terutama dalam proses mengendalikan diri sendiri dan orang di lingkungan sekitarnya” ungkap Pak Jito. Acara pelepasan alumni diikuti para Wakil Dekan, para Ketua Sekretaris Progam Studi Sarjana di lingkungan FMIPA, Kabag TU FMIPA dan Sub Bagian di lingkungan FMIPA. Pada era sekarang ini kecakapan dalam bidang ilmu sangatlah penting, akan tetapi akan menjadi jauh lebih baik jika alumni mampu menambahkan keunggulan softskill guna bersaing di pasar kerja. “Persaingan bursa kerja baik pemerintahan maupun swasta semakin ketat, alumni FMIPA diharapkan untuk bisa menyesuaikan diri dengan membekali dengan softskill yang diantaranya percaya diri, tidak takut gagal, komunikasi yang baik dengan berpedoman juga pada ungkapan Long Life Education” lanjutnya.

“Saya ucapkan selamat bagi calon wisudawan dan wisudawati yang esok hari akan resmi di wisuda, pada pelepasan kali ini perlu disampaikan bahwa rata-rata IPK FMIPA adalah 3,21 kurang sedikit dengan rata-rata UNEJ yakni 3,26. Untuk masa studi dari alumni bervariatif mulai dibawah dibawah 4 tahun hingga beberapa kecil diatasnya. Matematika periode ini rata-rata masa studi lulusanya dibawah 4 tahun” pungkasnya. Pelepasan Alumni Sarjana (S1) LXIV Periode V Tahun Akademik 2018/2019 diikuti oleh 24 orang Program Studi Sarjana Matematika, 19 orang Program Studi Sarjana Fisika, 13 orang Program Studi Sarjana Kimia, dan 7 orang Program Studi Sarjana Biologi.

Dekan FMIPA Universitas Jember juga memberikan penghargaan kepada lulusan berprestasi pada Pelepasan Alumni Periode V yang diraih Farah Intan Nur Oktavia (151810101039) dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,76 dan lama studi 3 tahun 5 bulan 11 hari dari Program Studi Sarjana Matematika. Dekan juga memberikan SKPI secara simbolik kepada beberapa peserta pelepasan alumni.

(Arsip Dokumentasi)

Pada pelepasan alumni kali ini, peserta dan pimpinan fakultas di dihibur oleh Paduan Suara Mahasiswa FMIPA yang selain menyanyikan lagu Mars dan Hymne Universitas Jember, mempersembahkan lagu “Meraih Bintang” guna memberikan semangat saat melepas kepergian para alumni. Dari UKM TITIK juga menampikan beberapa persembahan lagu dalam format unplugged dan persembahan tari khas dari daerah Banyuwangi. Prosesi penyerahan alumni diberikan kepada Endhah Purwandari, S.Si., M.Si. selaku perwakilan dari Ikatan Alumni FMIPA Universitas Jember.

(Video Penampilan PSM Fakultas MIPA) (Video Penampilan Tari dari UKMS TITIK)

Farah Intan Nur Oktavia mewakili alumni menyampaikan rasa terima kasih kepada para dosen yang telah membina dan lembaga yang telah memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta didiknya selama ini. “Mewakili para alumni periode ini, saya ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh dosen, tenaga kependidikan di lingkungan FMIPA yang telah membimbing dan telah memberi kontribusi kepada kami” ungkap alumni Program Studi Sarjana Matematika. “Saya berpesan untuk diri sendiri dan teman seperjuangan untuk tidak berpuas diri setelah ini, karena lembaran ijasah akan menjadi baik jika itu dimanfaatkan bukan didiamkan. Tetap jalin silahturahmi dengan sesama alumni, dengan kampus FMIPA melalui wadah IKAMIPA” diujung pesan kesannya.

Di pelepasan kali ini menghadirikan Rafiantika Megahnia Prihandini, S.Si., M.Si. alumni sarjana dan magister Matematika FMIPA yang sekarang menjadi pengajar di FKIP UNEJ. Rafiantika memberikan motivasi kepada para alumni untuk selalu menuntut ilmu seperti disampaikan Dekan sebelumnya yakni Long Life Education. “Sampai kapanpun tuntut ilmu sebanyak mungkin, asa selalu potensi yang dimiliki dan tunjukkan jati diri untuk menjadi yang tercepat dengan tentunya yang terbaik” terangnya. Pada penghujung acara perwakilan BEM FMIPA menyampaikan selamat dan esok hari Sabtu, 6 April 2019 calon Wisudawan Wisudawati akan dihantar dengan arak-arakan dari FMIPA ke Gedung Soetardjo Universitas Jember untuk mengikuti prosesi Wisuda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *