Jurusan Matematika: Workshop Penelitian Bersama dari DM-ITS Surabaya

Kondisi sistem penelitian dan road map penelitian di Departemen Matematika ITS Surabaya menjadi topik utama dalam acara Workshop Penelitian Bersama yang diselenggarakan oleh Jurusan Matematika FMIPA Universitas Jember di Ruang Multimedia Senin (11 Desember 2017). Departemen Matematika ITS (DM-ITS) yang diwakili Prof. Dr. Moh Isa Irawan, Dr. Dieky Adzkiya dan Dr. Choirul Imron memaparkan masing – masing Focus Group Discussion sesuai bidangnya. “Meningkatkan peranan analisis fungsional dalam matematika terapan dan Metode asimilasi data pada sistem skala besar Aljabar Maxplus & Maxmin adalah diantara dari tujuan penelitian di Laboratorium Analisis dan Aljabar DM-ITS” awal penjelasan Dr.¬†Dieky Adzkiya dalam materi bidang Research Analisis dan Aljabar. Ada beberapa penelitian yang menarik di bidang ini diantaranya adalah kontrol posisi panel surya dengan menggunakan metode fuzzy. “Dan ada pula penerapan fuzzy untuk prediksi cuaca dalam penentuan pola tanam” lanjutnya.

Dalam sambutannya Ketua Jurusan Matematika FMIPA Kusbudiono, S.Si., M.Si. dengan kegiatan workshop penelitian bersama ini diharapkan terjadi keberlanjutan dalam kerjasama dengan DM-ITS khususnya bidang penelitian. “Workshop ini bisa menjadi penanda keberlanjutan kerjasama penelitian dengan DM-ITS dan terus menjalin sharing keilmuan matematika” ujarnya. Gayung bersambut melalui Prof. Dr. Moh Isa Irawan menyampaikan pihak DM-ITS antusias dengan acara worshop ini sehingga kedepan bisa dilanjut dengan Join Research seperti: Skema Riset Nasional atau Skema Kerjasama Perguruan Tinggi dan nantinya ke arah Joint Publication.¬†

Prof. Dr. Moh Isa Irawan sendiri dalam materinya bidang Geometri dan Komputasi memaparkan tentang road map penelitian yang dilakukan pada Laboraorium Ilmu Komputer. “Pada Lab. Ilmu Komputer bisa dikelompokkan yaitu data mining yang didalamnya membahas pengenalan pola data, text mining dokumen di internet, klasifikasi dan clustering, forecasting data meteorologi dan juga association rule dan sequence mining” jelas Guru Besar yang juga menjadi Ketua Laboratorium Ilmu Komputer tersebut. Lab. Ilmu Komputer juga melakasanakan penelitian tentang internet big data, proses stokastik, struktur aljabar, kombinatorik dan perangkat lunak bioinformatika.

Dr. Choirul Imron sebagai pemateri terakhir dan juga anggota dari Laboratorium Pemodelan & Simulasi Sistem dan Laboratorium Komputasi Matematika menerangkan penelitian – penelitian yang telah dilakukan dan yang akan dilakukan. “Laboratorium kita dalam penelitian yang dilakukan bisa dikelompokkan menjadi beberapa yaitui renewable energy, CFD, bio-matematika dan navigation, guidence and control. Dan diantaranya telah ada yang kita selesai kerja dan juga beberapa akan kita siapkan untuk proses penelitian selanjutnya” paparnya.

Tim DM-ITS juga menampilkan beberapa contoh beberapa joint publication dengan beberapa perguruan tinggi di luar negeri seperti: TU Delft Belanda, University of Oxford Inggris, Univ. Wallonggong Australia, Univ. of Essex Inggris, UTM dan UMP Malaysia, Shibaura Univ. Technology Jepang dan NTUST Taiwan. Sedangkan untuk publikasinya sendiri DM-ITS memiliki ICoMPAC dan Limits. (dokumentasi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *