Masa Tunggu Kerja Pertama Lulusan FMIPA dibawah 4 bulan

Masa Tunggu Kerja Pertama Lulusan FMIPA Universitas Jember menjadi fokus yang tertuang dalam butir tujuan FMIPA yaitu menghasilkan lulusan yang profesional dibidangnya dan meningkatkan daya serap lulusan. Beberapa survei alumni dilakukan oleh Program Studi di lingkungan FMIPA dan program tracer study Universitas Jember untuk mengetahui masa tunggu dan kesesuaian kerja pada lulusan FMIPA dengan mengajukan beberapa pertanyaan dalam bentuk kuisioner. Wadah Ikatan Alumni FMIPA (IKAMIPA) juga dijadikan rujukan untuk menggali informasi semaksimal mungkin untuk mendata lulusan FMIPA. Program Studi Sarjana Kimia salah satunya, masa tunggu kerja pertama pada angka 2,8 bulan dengan responden 200 orang alumni. “Tersebar di beberapa lapangan pekerjaan, alumni Program Studi Sarjana Kimia dengan memperhatikan kesesuaian pekerjaan (tiga besar: tenaga pendidik, quality control, swasta), masa tunggu kerja pertama alumni kita bisa dibilang termasuk kategori pendek waktunya” ungkap Dwi Indarti, M.Si. Sekretaris Jurusan Kimia FMIPA. Program Studi Sarjana Biologi berada di angka 3,6 bulan untuk masa tunggu kerja pertama lulusannya, dengan responden 144 orang alumni. Untuk bidang pekerjaan hampir sama dengan Program Studi Sarjana Kimia. “Mahasiswa kita juga mendapatkan kesempatan study exchange dengan perguruan tinggi ternama di beberapa negara di benua Eropa untuk menambah pengalaman saat terjun di dunia kerja” jelas Purwatiningsih, Ph.D. Ketua Jurusan Biologi FMIPA.

Alumni Program Studi Sarjana Fisika FMIPA tercatat masa tunggu kerja pertama adalah 2,2 bulan dengan kesesuaian pada bidangnya adalah 72,53%. Adapun bidang pekerjaan yang sesuai dengan keahlian sebagai lulusan Fisika tersebar mulai dari Guru, Dosen, Tentor Bimbel, peneliti, industri pertanian, industri keramik, pertambangan dan PT PLN. Data diperoleh dalam bentuk survey yang dilakukan secara online maupun dengan penyebaran kuesioner secara langsung kepada Alumni (dalam penyusunan borang Program Studi Sarjana Fisika). Proses penyebaran kuesioner dilakukan dengan menjaring informasi melalui kontak langsung, pengiriman via email maupun melalui rekan sejawat. “Program Studi Sarjana Fisika mengupayakan jenis pekerjaan yang diperoleh adalah pekerjaan yang benar-benar diminati oleh alumni dan masih ada korelasinya dengan bidang ilmu fisika. Kedepan diupayakan stakeholder akan datang sendiri ke Program Studi Sarjana Fisika dalam rangka mencari alumni fisika untuk bekerja.” ujar Supriyadi, M.Si. pengajar Program Studi Sarjana Fisika yang juga pengurus IKAMIPA FMIPA Universitas Jember.

Selanjutnya Prodi Studi Sarjana Matematika, masa tunggu kerja di angka 4 bulan dengan responden 100 orang alumni dengan pengambilan data ke lebih banyak angkatan alumni. “Alumni matematika bekerja di beberapa lapangan pekerjaan (tiga besar: tenaga pendidik, perbankan, swasta), masa tunggu kerja alumni kita lumayan pendek waktunya” ungkap Abduh Riski, M.Si. yang merupakan salah seorang tim survei alumni untuk menyusun borangProdi Studi Sarjana Matematika FMIPA. Untuk memberikan bekal bagi alumni FMIPA khususnya dan Universitas Jember pada umumnya, setiap lulusan diberikan SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) SKPI merupakan surat pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi yang berisi informasi tentang pencapaian akademik atau kualifikasi dari lulusan pendidikan tinggi bergelar (Kemenristekdikti, Tahun 2015). SKPI juga tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Rektor Universitas Jember yang pada intinya merupakan rekam mahasiswa selama perkuliahan di kampus. Dengan adanya SKPI akan sangat membantu stakeholder pengguna untuk mendapatkan gambaran mahasiswa yang mempunyai kompetensi apa saja diluar kompetensi yang telah tertuang dalam ijazah.

Guna meningkatkan daya saing lulusan, Universitas Jember merumuskan soft skills yang mencakup aspek kreativitas, kerjasama dan komunikasi, dan etika. FMIPA Universitas Jember dalam pengembangan soft skills tersebut diintegrasikan melalui perkuliahan. Aspek soft skills yang dikembangkan pada setiap matakuliah disesuaikan dengan karakteristik matakuliah. Upaya lain untuk meningkatkan kualitas antara lain dengan meningkatkan animo agar diperoleh tingkat kompetisi yang lebih ketat, diselenggarakannya tutorial, kelas kecil, semester pendek (antara), peningkatan efektivitas pembimbingan Tugas Akhir dan pengkayaan dengan soft skill dan pelatihan-pelatihan bekerja sama dengan SAC (Student Advisory Center). Universitas Jember melalui LP3M juga beberapa kali dalam setahun menyelenggarakan job fair yang tidak hanya sebagai ajang pencarian lowongan bagi alumni, tapi juga langsung pada proses rekrutmen berupa tes tulis atau wawancara di lakukan di kampus Universitas Jember.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *