FMIPA Universitas Jember memiliki 3 Program Studi Magister Sains yaitu Matematika, Biologi dan Fisika.

Program Studi Magister MatematikaProgram Studi Magister BiologiProgram Studi Magister Fisika
A. Magister Sains Matematika
Visi Magister Sains Matematika
Menjadikan Program Studi Magister Matematika yang berdaya Sains dalam Pengembangan Matematika dan Penerapannya, terutama dalam mendukung pengembangan Agroindustri dan Biosains

Misi Magister Sains Matematika
1. Menyelenggarakan pembelajaran berkualitas, produktif dan demokratis.
2. Melaksanakan penelitian yang original sejalan dengan dinamika ilmu matematika dan kebutuhan stakeholders berkaitan dengan Agroindustri dan Biosains.
3. Mengoptimalkan kepabilitas lembaga untuk pemberdayaan masyarakat.
4. Mengembangkan kerjasama kemitraan dengan institusi dalam negeri dan luar negeri.
5. Meningkatkan kualitas proses dan produk Tridharma secara berkelanjutan.

ruang_seminar1_800 ruang_magister1_kecil

Tujuan Program Studi Magister Sains Matematika
1. Meningkatkan kemampuan SDM dalam Analisis Data bidang Pertanian/Perkebunan, kegiatan Agribisnis/Agroindustri, bidang desain/rancang bangun benda industri strategis maupun kerajinan kreatif masyarakat menggunakan matematika berbasis komputer.
2. Ikut berperan serta dalam peningkatan SDM yang memiliki kemampuan mempublikasi karya ilmiah berbasi riset baik secara nasional/internasional.
3. Membantu akselerasi peningkatan kualitas Guru dan Dosen, khususnya di wilayah timur Jawa Timur, sebagai mana dituntut oleh Undang – undang Guru dan Dosen.

Laboratorium dan Pembiayaan Riset
A. Laboratorium
1. Laboratorium Pengajaran
32 unit komputer terkoneksi intranet dan internet dengan software matematika.
2. Laboratorium Komputer untuk Riset
8 unit komputer, akses internet dan terkoneksi ke Cloud Computing Universitas Jember, RCloud
B. Pembiayaan Riset
Tersedia pembiayaan riset melalui hibah penelitian yaitu Hibah Pasca Sarjana Lembaga Penelitian Universitas Jember – DP2M Dikti

Skema Kelulusan 4 Semester

Semester 1

Semester 2

Semester 3

Semester 4

Mata Kuliah Wajib
(Dasar) 12 SKS

Mata Kuliah Wajib
(Bidang Riset) 8-10 SKS

Mata Kuliah Wajib
(Bidang Riset) 6 SKS

Mata Kuliah Wajib
(Bidang Riset) 3 SKS

Pilihan Penunjang
3 SKS

Pilihan Penunjang
5 – 6 SKS

Komponen Riset
2 SKS

Komponen Riset
7 SKS

Komponen Riset
10 SKS

Komponen Riset
25 SKS

17 SKS

18 – 20 SKS

21 – 22 SKS

25 SKS

Kurikulum
A. Empat Bidang Konsentrasi Riset :
1. Bidang Geometri Rancang Bangun
2. Bidang Pemodelan Matematika
3. Bidang Graph dan Kombinatorik
4. Bidang Statistika

B. Program percepatan TESIS
1. Pembidangan riset berbasis keahlian dosen (sinkronisasi topik riset dengan bidang keahlian dosen pembimbing)
2. Mata kuliah pilihan penunjang riset
3. Research Group

C. Program TESIS Khusus bagi Guru
Khusus bagi yang berprofesi guru bidang studi Matematika dengan prasyarat tertentu, dimungkinkan untuk berkonsentrasi pada riset materi pengajaran matematika, namun tetap pada bingkai ke-empat bidang riset yang ada. Mata kuliah pilihan penunjang “for teacher

ged_bio_newProgram Studi Magister Biologi didirikan sejak tahun 2010, di bawah Jurusan Biologi FMIPA UNEJ. Membuka dua bidang minat, yaitu Biologi Organisme dan Biologi Lingkungan. Mahasiswa angkatan pertama sebanyak 14 mahasiswa, seluruhnya dari guru SLTP dan SLTA yang mengajar di wilayah Kabupaten Jember, Lumajang, Pasuruan, Probolinggo, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi. Angkatan pertama seluruhnya mengambil bidang minat lingkungan sedangkan bidang minat biologi organisme mulai ada yang berminat sejak angkatan kedua hingga sekarang. Berkaitan dengan jadwal kuliah, karena sebagian besar guru, waktu perkuliahan disesuaikan antara dosen pengampu matakuliah dengan mahasiswa. Mahasiswa fresh graduate yang masuk program studi Magister Biologi dimulai tahun 2013. Hampir seluruh mahasiswa dalam setiap angkatan menyelesaikan studinya dengan baik, hanya satu dua yang tidak bisa menyelesaikan karena terkendala tugas sebagai guru. Beasiswa untuk SPP dan bantuan penyelesaiaan penelitian berbentuk mengikuti penelitian dosen pembimbing sudah dirintis awal. Dari waktu ke waktu terjadi perbaikan pada lama studi dan bobot thesis yang dihasilkan.

PS Magister Biologi adalah Unggul di bidang biosains yang berorientasi pada Biologi Organisme dan Lingkungan Hidup Tropis, sedangkan Misinya adalah Mengembangkan biosains yang berorientasi pada Biologi Organisme dan Lingkungan Hidup Tropis sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk mencapai Visi dan Misi PS Magister Biologi mahasiswa wajib menempuk minimal 47 SKS yang terdiri dari mata kuliah inti (18 sks), matakuliah institusional (17 sks), dan matakuliah pilihan (12 sks) yang didistribusikan ke dalam 3 semester. Semester 1 mahasiswa kuliah bersama untuk matakuliah wajib umum, sedang untuk semester 2 dan 3 mahasiswa berpisah sesuai dengan minat untuk menyelesaikan matakuliah wajib bidang minat dan matakuliah pilihan. Semester ke 4 difokuskan untuk penyelesaian thesis.

Mampu mengembangkan dan meningkatkan keilmuannya secara mandiri sehingga mampu merancang penelitian ilmiah dan melakukan analisis yang komprehensif yang berorientasi pada pengelolaan sumber daya alam hayati tropis dengan fokus Biologi Organisme dan Lingkungan Hidup. Kompetensi pendukung, terampil dan mampu menerapkan bioteknologi untuk mengembangkan biosain yang berorientasi pada biologi organisme dan lingkungan hidup tropis. Kompetensi penelitian dalam bidang minat biologi organisme diarahkan untuk mengkaji: bioteknologi tanaman dan kedokteran, pangan, pengendalian hayati, energi terbarukan, biofertilizer, metabolit sekunder, teratologi, penyakit tropis serta aspek industri dengan pendekatan biologi sel, biologi molekuler, kajian mikroorganisme, struktur anatomi, histologi, fisiologi, bahkan ekologi. Kompetensi penelitian dalam bidang minat lingkungan diarahkan untuk mengkaji masalah-masalah lingkungan dan alternatif pemecahan masalah lingkungan dilihat dari kajian ilmu ekologi dan terbuka adanya penelitian integratif yang menggunakan pendekatan tingkat molekuler dari suatu organism.

MINAT BIDANG ILMU DAN KOMPETENSI PENELITIAN MAGISTER BIOLOGI
1. Biologi Organisme
Mahasiswa yang akan mendalami jalur pilihan bidang kompetensi Biologi Organisme diwajibkan menempuh matakuliah-matakuliah pilihan relevan yaitu Sitogenetika, Bioteknologi Industri, Mikrobiologi Lingkungan, Mikologi, Bioremediasi, Pengendalian Hayati, Parasitologi, Bakteriologi dan Enzimologi Mikroba. Penelitian pada bidang kajian ini sangat luas seperti: Bioteknologi tanaman dan kedokteran, pangan, pengendalian hayati, energi terbarukan, biofertilizer, metabolit sekunder, teratologi, penyakit tropis serta aspek industri dengan pendekatan biologi sel, biologi molekuler, kajian mikroorganisme, struktur anatomi, >histologi, fisiologi, bahkan ekologi.

2. Lingkungan Hidup
Mahasiswa yang mendalami bidang kajian Biologi Lingkungan Hidup akan memperoleh kompetensi utama dalam lingkungan hidup dengan menempuh diwajibkan matakuliah pilihan sebagai matakuliah-matakuliah penunjang yaitu Mikrobiologi Lingkungan, Bioremediasi, Pengendalian Hayati, Parasitologi, Ekologi Pesisir, Etnobiologi dan Biomonitoring Lingkungan. Penelitian pada bidang ini sangat erat hubungan dengan bidang kajian ekologi (akuatik, terestrial, populasi) dan penerapan fenomena ekologi di dunia industri. Kompetensi penelitian dalam bidang kajian ini diarahkan untuk memahami masalah-masalah lingkungan dan alternatif pemecahan masalah lingkungan tersebut dilihat dari kajian ilmu ekologi dan sangat dimungkinkan adanya penelitian integratif yang menggunakan pendekatan level molekuler dari suatu organism.

SEMESTER 1

No

Kode

Matakuliah

SKS

1

MAB2101

Biosistematik

3

(2-1)

2

MAB2102

Ilmu Lingkungan

3

(2-1)

3

MAB2103

Biokimia

3

(2-1)

4

MAB2104

Biologi Molekul

3

(2-1)

5

MAB2105

Biometri

3

(2-1)

Jumlah (SKS)

15

SEMESTER 2 : WAJIB MINAT BIDANG BIOLOGI ORGANISMA (BO)

No

Kode

Matakuliah

SKS

1

MAB2201

Mikrobiologi Terapan

3

(2-1)

2

MAB2202

Bioteknologi

3

(2-1)

3

MAB2203

Entomologi

2

(1-1)

4

MAB2204

Metodologi Penelitian

3

(2-1)

5

MAB2205

Fisiologi Organisma

3

(3-0)

Jumlah (SKS)

14

SEMESTER 2 : WAJIB MINAT BIDANG LINGKUNGAN HIDUP (LH)>

No

Kode

Matakuliah

SKS

1

MAB2206

Ekologi Hutan Tropis

3

(2-1)

2

MAB2202

Bioteknologi

3

(2-1)

3

MAB2207

Biokonservasi

2

(2-0)

4

MAB2204

Metodologi Penelitian

3

(2-1)

5

MAB2205

Fisiologi Organisma

3

(3-0)

Jumlah (SKS)

14

SEMESTER 3 : MATAKULIAH PILIHAN

No

Kode

Matakuliah

SKS

Minat Bidang Ilmu

1

MAB2301

Sitogenetika

2

(2-0)

BO

2

MAB2302

Bioteknologi Industri

2

(2-0)

BO

3

MAB2303

Mikrobiologi Lingkungan

3

(2-1)

LH/BO

4

MAB2304

Mikologi

3

(2-1)

BO

5

MAB2305

Bioremediasi

2

(2-0)

LH/BO

6

MAB2306

Pengendalian Hayati

3

(2-1)

LH/BO

7

MAB2307

Parasitologi

3

(2-1)

BO

8

MAB2308

Bakteriologi

3

(2-1)

BO

9

MAB2309

Ekologi Mangrove

3

(2-1)

LH

10

MAB2310

Etnobiologi

2

(2-0)

LH

11

MAB2311

Biomonitoring Lingkungan

3

(2-1)

LH/BO

12

MAB2312

Enzimologi Mikroba

3

(2-1)

BO

Jumlah

32

SEMESTER 4

No

Kode

Matakuliah

SKS

1

MAB2401

Tesis

6

(0-6)

Jumlah (SKS)

6

gedung_fisikaJurusan Fisika FMIPA Universitas Jember membuka Program Studi baru Strata Dua (S2), Program Studi Magister Fisika, sesuai dengan Surat Keputusan KEMENRISTEK DIKTI No. 416/KTP/I/2016 tanggal 14 September 2016. Program Studi Magister Fisika FMIPA Universitas Jember didirikan sebagai wahana menghadapi tantangan dunia jaman sekarang dan sebagai bentuk tanggapan dunia pendidikan secara menyeluruh dan bermasyarakat. Sesuai pernyataan dari tim taskforce, Program Studi Magister Fisika FMIPA didirikan dengan mengingat sangat pentingnya peran hasil penelitian fisika teori dan aplikasi dalam membentuk perkembangan teknologi dan industri maju secara keseluruhan. Lebih lanjut berdasar latar belakang pendirian Program Studi Magister Fisika, keberadaan Program Studi Magister Fisika sangat penting dalam meningkatkan komparatif dan kompetitif produk industri nasional sehingga menjadi produk unggulan yang mampu bersaing di pasar global. Program Studi Magister Fisika memiliki 5 kelompok bidang peminatan :
– Minat Fisika Material
– Minat Fisika dan Komputasi
– Minat Geofisik
– Minat Biofisika, dan
– Minat Instrumentasi dan Elektonika.

Dibukanya Program Studi Magister Fisika FMIPA Universitas Jember memiliki tujuan hasil lulusan Magister Fisika memiliki keunggulan dengan kualitas tinggi yang mampu diterapkan dan bersaing di sektor pendidikan, riset dan teknologi maupun industrial, menghasilkan produk penelitian dan menerapkan kepada masyarakat. Program Studi Magister Fisika menjadi yang program studi magister di FMIPA setelah beberapa tahun sebelumnya telah berdiri Program Studi Magister Matematika dan Program Studi Magister Biologi.

Pendaftaran Program Baru Magister Fisika akan dibuka serempak bersama pendaftaran Ujian Masuk Program Pascasarjana Universitas Jember Semester Genap tahun akademik 2016/2017, yang teregistrasi berdasarkan surat bernomor 631 / UN25.2 / SP/ 2016 tanggal 22 Nopember 2016 ditujukan kepada Wakil Rektor I Universitas Jember dan ditandatangani Sekretaris Program Pascasarjana Universitas Jember, Dewi Prihatini, S.E., M.M., Ph.D. dan akan segera di publikasikan sebagai pengumuman pendaftaran secara menyeluruh.

Universitas Jember Program PascaSarjana Magister Sains Fisika membuka Penerimaan Mahasiswa Baru. Pendaftaran Secara online melalui laman sister.unej.ac.id/site/seleksipasca.