Prof Helmut: Indonesia adalah negara megabiodiversitas, Manfaatkan untuk kemajuan IPTEK

“Indonesia merupakan negara dengan megabiodiversitas yang tinggi, sehingga potensi keanekaragaman hayati dapat dimanfaatkan untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) ke masa yang akan datang, terutama dengan bantuan bidang Bioteknologi” jelas Prof. Dr. Helmut Erdmann dari Flensburg University of Applied Science, Germany dalam acara Guest Lecture dengan tema “Biology and Biotechnology: Their Perspective Now and The Future” di Ruang Kuliah Umum Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Jember Kamis, 8 Nopember 2018. “Peranan bidang biologi khususnya bioteknologi di dunia kerja dewasa ini sangatlah penting, salah satunya tentang penerapan teknologi enzim dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa” lanjut Professor yang akrab dengan suasana Universitas Jember. Acara ini diselenggarakan atas kerjasama Universitas Jember dan DAAD Hochschule Flensburg Germany untuk memberikan pandangan kepada mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA khususnya mahasiswa baru tentang karir di masa depan. Seperti diketahui saat ini, perkembangan bioteknologi tidak hanya didasari pada biologi semata, tetapi juga pada ilmu-ilmu terapan dan murni lain, seperti biokimia, komputer, biologi molekular, mikrobiologi, genetika, kimia, matematika, dan lain sebagainya.

“Selanjutnya adalah keseimbangan dalam pemanfaatan keanekaragaman hayati juga menjadi suatu hal yang mendesak saat ini” ungkap suami dari Mrs. Heide Marie yang selalu mendampinginya di Universitas Jember. Hal tersebut sejalan dengan Universitas Jember seperti yang diungkapkan Rektor UNEJ Moh. Hasan beberapa waktu yang lalu bahwa keberagaman kekayaan hayati yang dimiliki oleh Indonesia harus benar-benar bisa dimanfaatkan secara maksimal. Hal itu juga harus diimbangi dengan upaya pelestarian secara berkelanjutan. “Seperti halnya kekayaan hayati yang ada di Baluran, disana sangat banyak sekali yang belum kita lestarikan, seperti rusa dan banteng kita harus mulai belajar bagaimana menangkarkan hewan tersebut agar tidak punah,” ujar Moh. Hasan saat itu. Rektor mengaku, dirinya sangat tertarik sekali untuk belajar bagaimana cara menangkarkan rusa yang ada Universität Kassel Germany. Karena Universitas Jember sendiri memiliki lahan yang lumayan untuk melakukan penangkaran tersebut.

Untuk menindaklajutinya pada beberapa tahun yang lalu telah ditanda tangani kesepakatan bersama antara Universitas Jember dengan Universität Kassel Germany dalam bidang Bioteknologi. Selanjutnya pada acara Guest Lecture itu Mukhamad Su’udi, Ph.D sebagai moderator memberikan kesempatan mahasiswa baru Biologi FMIPA Universitas Jember untuk mengajukan pertanyaan kepada Prof. Helmut dan acara diakhiri dengan sesi foto bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *