Perjanjian Kerja Sama FMIPA UNEJ dengan Badan Pusat Statistik Kabupaten Jember

Dalam upaya peningkatan kompetensi lulusan Perguruan Tinggi melalui Program Magangf MBKM, FMIPA Universitas Jember melakukan Perjanjian Kerja Sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jember di Ruang Rapat Dekanat FMIPA (14/1). “PKS ini bertujuan untuk menyelaraskan program kegiatan bersama dalam upaya meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kompetensi mahasiswa FMIPA Universitas Jember dalam kegiatan Magang/Praktik Kerja mahasiswa khususnya MBKM di lingkungan BPS Kabupaten Jember” awal Dekan FMIPA UNEJ Drs. Achmad Sjaifullah, M.Sc., Ph.D. Lebih dilanjut disampaikan bahwa awal kerjasama ini dari kunjungan Ketua Jurusan Matematika FMIPA Dr. Kiswara Agung Santoso, S.Si., M.Kom. ke kantor BPS Kabupaten Jember. “Tindak lanjut dari kunjungan Kajur Matematika, kita siapkan sebuah perjanjian kerja sama untuk menjalin kolaborasi antara FMIPA dengan BPS Jember” ungkapnya. Dalam kesempatan tersebut Ir. Arif Joko Sutejo, MM. Kepala BPS Kabupaten memberikan apreasi kepada FMIPA yang langsung menindaklanjuti tawaran kerjasama BPS. “BPS beringinan untuk melakukan kolaborasi dengan akademisi, sekaligus untuk mengenalkan literasi statistik kepada masyarakat luas. BPS juga konsen dalam mengembangkan statistika sektoral guna tingkatkan kualitas statistik melalui pembinaan dan dengan FMIPA salah satunya” jelas Arif. Disampaikan juga keinginan BPS Kabupaten Jember untuk membuat Pojok Statistik di lingkungan Universitas dengan tujuan semua informasi mengenai statistik khususnya BPS dapat tersampaikan. Di kesempatan tersebut hadir Wakil Dekan I dan III FMIPA UNEJ, Ketua Jurusan Matematika dan beberapa staf ahli dari BPS Kabupaten Jember.

Sebagai informasi Badan Pusat Statistik adalah Lembaga Pemerintah sebagai penyedia data dan informasi statistik bagi pemerintah maupun masyarakat untuk membangun sistem perstatistikan nasional dalam rangka mendukung Indonesia Maju. Selaras dengan itulah FMIPA Universitas Jember mempersiapkan suatu kerjasama untuk bisa mengirimkan mahasiswanya magang/praktik kerja melalui program MBKM. Perjanjian ini menjadi yang pertama di tahun 2022, setelah pada tahun 2020 dan 2021 FMIPA UNEJ telah menjalin kerjasama dengan beberapa PTN, instansi pemerintahan, lembaga perbankan juga swasta. Hal tersebut dilakukan sebagai sarana memberikan pilihan mahasiswa dalam pelaksanaan bentuk kegiatan pembelajaran program MBKM.

Dengan adanya kerjasama ini, Dekan FMIPA berharap agar BPS Kabupaten Jember untuk tidak ragu menghubungi apabila ada suatu kegiatan yang memerlukan bantuan dari mahasiswa. “Kontak kami jika BPS memiliki agenda, mahasiswa akan siap terlibat karena dengan kegiatan tersebut menambah ketrampilan mahasiswa kami dalam menghadapi dunia kerja” jelas Dekan FMIPA. Pihak BPS Jember sangat antusias, karena diera digital sekarang ini semua harus cepat dan bisa dilakukan tanpa dibatasi oleh jarak dan ruang waktu. “Dengan pemanfaatan IT, kedepan mahasiswa yang magang bisa melakukan dari rumah atau kampus yang terpenting pekerjaan bisa terselesaikan” ungkap Arif lagi. Acara ditutup dengan penandatangan perjanjian kerja sama antara FMIPA Universitas Jember dan BPS Kabupaten Jember berdurasi tiga tahun dengan klausul yang disepakati bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *