Tiga Mahasiswa Biologi selesaikan Program Magang MBKM di Kebun Raya Purwodadi

Agustin Dinda Prameswary, Jocelin Andiana, dan M. Afriyanto mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA Universitas Jember angkatan 2019 selesaikan Program Magang Kemitraan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) selama 6 bulan di Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi. “Mereka telah mengikuti program magang yang merupakan berbasis pada perjanjian kerja sama, semua telah dipersiapkan oleh program studi dan fakultas” jelas Wakil Dekan I FMIPA UNEJ Drs. Siswoyo, M.Sc., Ph.D. Lebih lanjut disampaikan juga bahwa Program Magang Kemitraan MBKM ini setara dengan menempuh 20 sks. Untuk diketahui Kebun Raya Purwodadi sebagai salah satu satuan kerja dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebelumnya menawarkan program MBKM dalam bentuk perjanjian kerja sama. FMIPA UNEJ yang konsen pada program MBKM merespon dan menuangkan dalam perjanjian kerja sama dengan KR Purwodadi. Program yang ditawarkan adalah Asisten Penelitian dan Kurator Koleksi Hayati. Peserta magang akan mendapatkan fasilitas pembimbingan, co-working space, akses fasilitas riset dan koleksi tumbuhan dan tentunya akses internet. Untuk diketahui FMIPA UNEJ dalam pelaksanaan MBKM telah melakukan beberapa kerja sama dengan instansi, PTN, dan swasta. Diantaranya Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA) BATAN, Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, RSD dr. Soebandi Jember, Bank Syariah Indonesia Area Jember, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pertanian Nasional juga beberapa PTN seperti UNAIR, UNNES Semarang, UB Malang, UIN Malang, UIN Jakarta, UNJA Jambi, dan Universitas Udaya Bali. “Kita fasiltasi mahasiswa kita untuk memilih dan menempuh beberapa Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) program MBKM melalui perjanjian kerja sama” ujar Siswoyo.

Program MBKM khususnya magang yang dikonversi menjadi 20 sks juga memberikan kesempatan mahasiswa untuk tetap menempuh mata kuliah lain dalam satu semester. Agustin Dinda Prameswary contohnya, dari total 20 sks yang dikonversi dari program magang MBKM juga menempuh matakuliah non program magang sebanyak 4 sks. Sehingga dalam satu semester ini, yaitu semester gasal tahun akademik 2021/2022 Agustin menempuh total 24 sks. Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNEJ pada semester gasal ini juga mengikuti program magang di Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) Kota Batu dan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (Puslitkoka) Jember selain di KR Purwodadi.

Selain program magang MBKM, beberapa mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNEJ juga mengikuti program lainnya seperti Program Pertukaran Pelajar MBKM di beberapa PTN, Program Kampus Mengajar MBKM, Program Studi Independen PHP2D, Program Internasional Credit Transfer (ICT) di Flensburg University of Applied Sciences, Germany, Program MBKM Luar Negeri Project DAAD di Flensburg University of Applied Sciences, Germany, Program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI), dan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka tahun 2021. “Program MBKM terus kita sampaikan kepada mahasiswa karena menjadi salah satu usaha mempercepat masa tugas akhir dan akan berimbas pada masa studi mahasiswa guna tingkatkan standar kelulusan” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *