Perjanjian Kerja Sama FMIPA UNEJ dengan Perkebunan Kahyangan Jember

Untuk mendukung Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) MBKM bagi mahasiswa, FMIPA Universitas Jember melakukan Perjanjian Kerja Sama dengan Perusahaan Umum Daerah (PERUMDA) Perkebunan Kahyangan Jember di Ruang Rapat Dekanat FMIPA (24/6). “Perjanjian ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam upaya meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kompetensi mahasiswa FMIPA Universitas Jember dalam BKP MBKM di Perkebunan Kahyangan Jember” awal Dekan FMIPA UNEJ Drs. Achmad Sjaifullah, M.Sc., Ph.D. Lebih dilanjut disampaikan bahwa mahasiswa bisa menyampaikan gagasan dalam mengembangkan produk inovatif. “Mahasiswa diberikan kesempatan untuk bisa menyalurkan gagasan untuk mengembankan potensi mitra dalam hal ini Perkebunan Kahyangan” ungkapnya. Dalam kesempatan tersebut Sofyan Sauri, S.M. Direktur Utama Perkebunan Kahyangan Jember menyampaikan melalui kerjasama dengan FMIPA UNEJ akan memberikan dampak yang baik bagi perkebunan kahyangan maupun mahasiswa FMIPA . “Kerja sama saling menguntungkan ini dimaksudkan agar pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dapat terwujud dengan baik, salah satunya penyediaan tempat magang dan penelitian di perusahaan kami” jelas Sofyan. Kerjasama akan meliputi bidang penanganan kebun hortikultura dimurai dari pemilihan komoditas, penanganan lahan, pengairan, pemeliharaan tanaman dan penanganan pasca panen produk hortikultura yang diproduksi di wilayah PERUMDA perkebunan Kahyangan Jember. Di kesempatan tersebut hadir Wakil Dekan II dan III FMIPA UNEJ, Juga para Ketua Jurusan di lingkungan FMIPA Universitas Jember.

Sebagai informasi Perkebunan Kahyangan Jember adalah BUMD yang didirikan berdasarkan Peraturan Daerah. Berada di Jalan Gajah Mada No.245, Kaliwates, Jember, perusahaan ini bertujuan untuk memberikan input sumber Penghasilan Asli Daerah, menciptakan lapangan kerja dan tentunya menjaga kelestarian sumber daya alam.  Perjanjian ini menjadi yang kedua di tahun 2022, setelah sebelumnya menjalin kerjasama dengan Perkebunan Kahyangan Jember dan juga pada tahun 2020 dan 2021 FMIPA UNEJ telah menjalin kerjasama dengan beberapa PTN, instansi pemerintahan, lembaga perbankan juga swasta. Hal tersebut dilakukan sebagai sarana memberikan pilihan mahasiswa dalam pelaksanaan bentuk kegiatan pembelajaran program MBKM.

Dengan adanya kerjasama ini, Dekan FMIPA berharap agar Perkebunan Kahyangan Jember terus menjalin kontak jika ada suatu kegiatan yang memerlukan bantuan dari mahasiswa dan juga staf kita. “Dalam naskah kerjasama telah disampaikan bahwa Bapak Dr. Edy Supriyanto yang juga sebagai Wakil Dekan III FMIPA bidang kemahasiswaan sebagai narahubung, ini akan mempermudah dalam mengkomunikasikan antar kita dan stakeholder kita” jelas Dekan FMIPA UNEJ.  Perjanjian Kerja Sama berlangsung selama 2 tahun sejak ditanda tangani naskah kerjasama.