Kini, SISTER dan Laman Universitas Jember Mengusung Tema Milenial

Universitas Jember  meluncurkan tampilan terbaru dari laman resmi dan Sistem Informasi Terpadu atau biasa dikenal dengan SISTER (4/7). Laman UNEJ didesain untuk mempermudah pengguna dalam mengakses dengan berbagai macam perangkat. Bagi mahasiswa khususnya, yang lebih banyak mempergunakan telepon genggam sangat membantu karena tampilan terbaru bisa menyesuaikan dengan ukuran perangkat yang digunakan. Perbedaan cukup signifikan juga tampak pada tampilan SISTER UNEJ. Jika sebelumnya pilihan layanan tersedia berada diawal saat sebelum login, kini akan tersedia sesaat setelah login. Layanan yang tersedia juga lebih banyak, dengan tetap mempertahankan layanan lama yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pengguna di UNEJ. Speed test salah satu contoh layanan atau fitur baru, pengguna bisa mengetahui kecepatan dari perangkat yang digunakan. FMIPA UNEJ sebagai pengguna berharap dengan tampilan baru ini bisa semakin mempermudah dalam pemanfaatan fitur SISTER juga pencarian informasi di laman UNEJ. “Dengan tampilan baru ini, diharapkan mahasiswa FMIPA UNEJ makin berperan serta untuk mendigitalisasi semua kegiatan perkuliahannya” harap Drs. Achmad Sjaifullah, M.Sc., Ph.D. Dekan FMIPA UNEJ. Mahasiswa FMIPA diharapkan untuk memaksimalkan layanan yang tersedia di SISTER. Mulai dari SIAKAD untuk perkuliahan, Kawanda untuk penyimpanan data juga editing file bersama hingga penyampaian keluhan melalui UC3.

Untuk diketahui Sistem Informasi Terpadu (SISTER) adalah platform sistem informasi terintegrasi yang digunakan di lingkungan Universitas Jember. SISTER digunakan oleh dosen, mahasiswa, administrator fakultas/program studi, hingga pimpinan. Dan mulai tahun 2013 SISTER mulai dipergunakan bagi calon pendaftar Universitas Jember. Login pada SISTER dikembangkan dengan model Single Sign On, artinya user yang login secara otomatis akan bisa mengakses/terhubung dengan platform aplikasi lain sesuai dengan hak aksesnya. Beriring waktu semakin banyak layanan yang tersedia, juga layanan berbasis sistem operasi telepon pintar yakni android dan ios. Bukan hanya mahasiswa, dosen ataupun staf tapi hingga orang tua mahasiswa memiliki akses untuk bisa memantau putra-putri melalui fitur SISTER mobile.

Tampilan Laman Universitas Jember Tampilan SSO di Telepon Pintar Tampilan Login SISTER
Tampilan dashbord SIAKAD Tampilan dashbord SIAKAD di telepon pintar Tampilan menu atas SIAKAD

Mahasiswa sebagai salah satu civitas akademika UNEJ memiliki hak akses ke dalam SISTER. Akses mahasiswa ke SISTER memiliki beberapa fungsi diantaranya pemrograman KRS, pengecekan nilai tengah semester juga akhir semester, rekap transkrip, elearning, pendaftaran wisuda hingga tracer study alumni UNEJ. Tenaga pendidik atau dosen memiliki hak akses untuk mengelola perkuliahan, presensi hingga manajemen Beban Kinerja Dosen (BKD). Untuk Tenaga Kependidikan dan juga pimpinan unit kerja, bagi yang memiliki tugas kedinasan di unit kerja seperti kepegawaian (SIMPEG), anggaran (SIMANGGA), keuangan (SIMKEU) dan tentunya presensi kehadiran.