FMIPA UNEJ dan FST UIN Malang Jalin Kerjasama

“Delegasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang datang ke FMIPA UNEJ untuk penandatangan PKS dan membahas implementasinya” awal Dr. Sri Harini, M.Si. Dekan FST UIN Malang pada acara Penandatanganan PKS dan Rencana Implementasinya antara FMIPA UNEJ dan FST UIN (18/6). Bertempat di Auditorium Jurusan Fisika FMIPA UNEJ, Dekan FST UIN menyampaikan pesan Rektor UIN Malang untuk segera menerapkan hasil kesepakatan yang dibahas bersama kolega FMIPA UNEJ untuk mewujudkan kecerdasan bangsa khususnya mahasiswa. “Sebelum berangkat, kami mendapat amanah dari Rektor untuk merealisasikan isi PKS bukan sekedar tanda tangan saja” lanjutnya. Sri Harini juga menyampaikan di FST UIN ada 4 jurusan yang sama persis dengan FMIPA UNEJ yakni matematika, fisika, kimia dan biologi sehingga sangat mungkin diadakan berbagai kerjasama khususnya MBKM yang kini sedang gencar dicanangkan pemerintah. “Jalan takdir membawa kami kesini, selain menjalin kerjasama khususnya MBKM kolega kami di FMIPA UNEJ beberapa diantaranya adalah teman kuliah, kakak dan sejawat di organisasi kebidangan” tutup alumni Universitas Brawijaya Malang ini dihadapan undangan pimpinan FMIPA, kajur sekjur dan tim MBKM FMIPA Universitas Jember.

Dekan FMIPA UNEJ Drs. Achmad Sjaifullah, M.Sc., Ph.D. dalam sambutan awal menceritakan bahwa dalam kurun waktu terakhir telah diadakan kesepakatan bersama perguruan tinggi lain dalam hal MBKM juga kerjasama teknis antar prodi. “Dalam menyambut semester ganjil tahun ajaran baru, saya rasa tepat sekali makin banyak kerjasama antar lembaga khususnya MBKM atau yang lain untuk beri pilihan mahasiswa dalam menempuh matakuliah” jelasnya.  Hal sama juga disampaikan oleh Drs. Siswoyo, M.Sc., Ph.D. adanya kesepakatan bersama akan memberi ruang yang lebih banyak mahasiswa dalam pelaksanaan MBKM. “Matakuliah yang ditawarkan tidak hanya pilihan akan tetapi juga matakuliah wajib asal ada kesepakatan diawal” ujarnya. Siswoyo juga berharap adanya tambahan aturan yang baku agar mahasiswa benar-benar menjalankan MKBM tidak hanya lembaga menawarkan program akan tetapi peminatnya tidak berimbang.

Delegasi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang diajak untuk mengunjugi jurusan yang ada di FMIPA UNEJ. Sesuai jurusan, wakil delegasi FST UIN diberi kesempatan untuk membahas MBKM dan kerjasama lainnya ke arah yang lebih teknis. Diujung acara Dekan FST UIN Malang menyampaikan dari hasil diskusi bersama, terdapat beberapa kesepakatan yang merujuk pada PKS. “Kesepakatan MBKM telah disampaikan perwakilan jurusan, pun dengan adanya kerjsama dalam pengelolaan jurnal antar FST UIN Malang dengan FMIPA UNEJ” tutupnya. Dekan FMIPA UNEJ menyampaikan terima kasih atas kunjungan FST UIN Malang dan kedepan jika diperlukan selain daring, jika dimungkin FMIPA UNEJ akan berkunjung balik untuk bahas kerjasama teknis yang lebih dalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *