FMIPA UNNES dan FMIPA UNEJ siap bersinergi

FMIPA Universitas Negeri Semarang dan FMIPA Universitas Jember mengadakan pertemuan daring untuk membahas kerjasama berbagai bidang dan juga pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka MBKM (17/6). Drs. Achmad Sjaifullah, M.Sc., Ph.D. Dekan FMIPA Universitas Jember mengawali pertemuan dengan memaparkan kegiatan MBKM di FMIPA UNEJ. “Untuk menyambut semester ganjil tahun ajaran baru sangatlah tepat untuk kita jalin kerjasama antara FMIPA UNEJ dan FMIPA UNNES” ungkapnya dalam acara Penjajagan PKS dan Rencana Implementasinya antara FMIPA Universitas Jember dengan FMIPA Universitas Negeri Semarang. Senada dengan Dekan FMIPA UNEJ, Dekan FMIPA UNNES Dr. Sugianto, M.Si. mengungkapkan implementasi MBKM untuk menyambut semester baru bisa disegerakan agar mahasiswa memiliki banyak pilihan matakuliah yang ditawarkan diluar prodi, fakultas atau universitasnya juga pelaksanaan kerjasama yang lain setelah dilakukan kesepakatan bersama. “Selain pertukaran mahasiswa, kesempatan ini bisa menjadi awal untuk diadakannya pertukaran dosen untuk mengajar di UNNES atau sebaliknya di UNEJ” ujarnya. FMIPA UNNES yang memiliki 6 Jurusan dan 14 Program Studi juga telah melaksanakan MBKM pada semester berjalan. “FKIP UNEJ telah menjadi mitra kita dalam pelaksanaan MBKM, FMIPA UNEJ menjadi mitra selanjutnya pada kegiatan MBKM atau kerjasama yang lain berdasarkan kesempatan bersama” pungkasnya.

Kesempatan selanjutnya Wakil Dekan I FMIPA UNEJ Drs. Siswoyo, M.Sc., Ph.D menyampaikan bahwa mahasiswa FMIPA sebanyak 135 orang telah mengikuti implementasi MBKM pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. “Sebagai partner FMIPA UNEJ telah menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi diantaranya UM, Unsoed, Ubaya dan beberapa sudah ada PKS selanjutnya persiapan implementasi” jelasnya. Tim MBKM FMIPA saat ini tengah bersiap untuk merumuskan jurknis untuk mewadahi BKP MBKM khususnya non pertukaran pelajar. “Selain pertukaran pelajar/mahasiswa, tim MBKM sedang mempersiapkan jurnis yang mengatur mengenai konversi nilai matakuliah sebagai ganti pelaksanaan BKP” lanjutnya.

Dr. Masrukan, M.Si. Wakil Dekan I FMIPA UNNES juga menyampaikan pintu masuk dalam pelaksanaan MBKM di FMIPA UNNES ada beberapa tempat termasuk diantaranya PERMATA SAKTI. “Untuk mewadahi pelaksanaan MBKM, UNNES memiliki Sistem Informasi Manajemen Merdeka Belajar Kampus Merdeka (SIM MBKM) untuk pencatatan mahasiswa pada proses inbound maupun outbound” jelasnya. Diujung acara dilaksanakan pembahasan draf PKS antara FMIPA UNNES dan FMIPA UNEJ. Prof. Dr. Ari Yuniastuti, M. Kes. mewakili Gugus Kerjasama dan Pengembang Bisnis FMIPA UNNES dan Purwatiningsih, S.Si., M.Si., Ph.D. Wakil Dekan II FMIPA UNEJ melakukan pemeriksaan berkas PKS untuk selanjutkan bisa dijadikan acuan dalam pelaksanaan kerjasama dalam berbagai bidang, tidak hanya MBKM. FMIPA UNNES dan FMIPA siap bersinergi dalam berbagai hal dan lebih teknis akan ada komunikasi dengan masing-masing ketua prodi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *