Kolaborasi FSAD ITS dan FMIPA UNEJ untuk maju bersama

“FSAD ITS dan FMIPA UNEJ akan berkolaborasi untuk memajukan dunia pendidikan Indonesia dalam segala aspek bidang khususnya MBKM” ungkap Prof. Hamzah Fansuri, S.Si., M.Si., Ph. D., Dekan Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD) Institut Teknologi Sepuluh Nompember Surabaya dalam agenda kunjungan kerja FSAD ITS ke Universitas Jember (4/6). Lebih lanjut Hamzah menyampaikan beberapa kerjasama bisa dijalin dengan FMIPA Universitas Jember khususnya MBKM yakni pembimbingan skripsi. “Memang untuk MBKM pertukaran mahasiswa ada regulasi yang tidak memungkin dilaksanakan dengan FMIPA UNEJ, tapi ada kemasan lain yang bisa lakukan seperti bimbingan skripsi mahasiswa kita” lanjutnya pada acara yang dilaksanakan dengan terapkan protokol kesehatan di Auditorium Jurusan Fisika FMIPA UNEJ. Hamzah juga ungkapkan KKN tematik juga dapat menjadi sarana kerjasama yang baik untuk memajukan desa binaan. “Wilayah Kabupaten Jember yang memiliki banyak desa penghasil kopi kakao tebu bisa menjadi tujuan mahasiswa FSAD ITS laksanakan KKN tematik tentunya bersama mahasiswa FMIPA UNEJ sebagai tuan rumah” ungkap Hamzah yang dalam kunjungan tersebut didampingi Wakil Dekan FSAD, Kepala Departemen Fisika, Matematika, Statistika, Kimia, Biologi dan Aktuaria.

Dekan FMIPA Universitas Jember Drs. Achmad Sjaifullah, M.Sc., Ph.D. juga menyampaikan meski ada rambu untuk pertukaran mahasiswa yang tidak memungkin terjadi antara  FSAD ITS dan FMIPA UNEJ tetapi banyak hal yang bisa menjadi sarana untuk tetap bekerjasama. “Aturan PTN-BH memang tidak memungkin mahasiswa ITS untuk menjadi bagian kita, tetapi ada MBKM lain yang bisa dilaksanan seperti magang atau penelitian baik mahasiswa ataupun dosenya” ujarnya dalam kesempatan itu didampingi Wakil Dekan, Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan dan Tim MBKM FMIPA Universitas Jember. Dekan FMIPA UNEJ juga mengajak tiap program studi atau departemen bisa berdiskusi untuk rumuskan kegiatan untuk terjalinnya kerjasama FSAD ITS dan FMIPA UNEJ.

Setelah berdiskusi, program studi atau departemen menyampaikan kesapakatan dan rencana yang akan dikerjakan ke depannya. Kusbudiono, S.Si., M.Si Ketua Jurusan Matematika FMIPA UNEJ ungkap ada 3 kesepakatan setelah lakukan diskusi. “Akan ada kerjasama dalam pengelolaan jurnal yakni pertukaran artikel juga reviewer, adakan guest lecture pada beberapa matakuliah, juga semacam pendampingan ke Jurusan Matematika mengenai program studi Statistika” jelasnya yang disetujui oleh Subchan, S.Si., M.Sc., Ph.D sebagai Kepala Departemen Matematika FSAD ITS yang juga didampingi Dr. Dra. Kartika Fithriasari, M.Si Kepala Departemen Statistika dan Drs. Soehardjoepri, M.Si. Kepala Departemen Aktuaria. Ir. Misto, M.Si. Sekretaris Jurusan Fisika juga mencapai kesepakatan dengan Drs. Gatut Yudhoyono, MT Kepala Departemen Fisika untuk jalin kerjasama khususnya bidang instrumentasi.

Dr. Dewi Hidayati, S.Si., M.Si., Kepala Departemen Biologi juga senada dengan Dr. Retno Wimbaningrum, M.Si.,  Ketua Jurusan Biologi untuk menjajaki kemungkinan BKP MBKM selain pertukaran mahasiswa seperti mengundang pakar hingga penyusunan tugas akhir. sebelumnya Drs. Siswoyo, Ph.D. dari perwakilan Jurusan Kimia FMIPA yang juga Wakil Dekan I memaparkan kegiatan MBKM FMIPA UNEJ yang sudah terlaksana dan rencana selanjutnya. “Mahasiswa FMIPA UNEJ telah melaksanakan program MBKM dengan beberapa BKP yang berbeda, ke depan seperti dengan ITS akan terus diadakan jalinan kerjasama dengan perguruan tinggi di Indonesia” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *