FMIPA UNEJ gandeng Kelompok Tani Sido Makmur Jember untuk pelaksanaan BKP MBKM

Sebagai sarana pelaksanaan Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) MBKM bagi mahasiswa, FMIPA Universitas Jember melakukan Perjanjian Kerja Sama dengan Kelompok Tani Sido Makmur Jember di Ruang Rapat Dekanat FMIPA (20/7). “Mahasiswa yang sedang melaksanakan BKP MBKM mohon untuk dibantu dan didampingi juga jika terdapat permasalahan di lapang khususnya proses pemupukan bisa kita bahas bersama di kampus” awal Dekan FMIPA UNEJ Drs. Achmad Sjaifullah, M.Sc., Ph.D. Lebih dilanjut disampaikan Dekan bahwa penggunaan pupuk ikan yang sedang diterapkan mahasiswa di Kelompok Tani Sido Makmur akan menghasilkan panen yang lebih cepat. “Dan jika pupuk ikan tersebut diberikan saat padi mulai berbunga akan menghasilkan bobot yang lebih dari yang biasa” lanjutnya. Usaha tersebut tetap memperhatikan bahwa makhluk hidup dalam hal ini padi memiliki perkembangan secara alamiah juga. Kelompok Tani Sido Makmur melalui Abdul Faseh selaku ketua menyambut baik kegiatan ini dan beberapa waktu langsung menerapkan penggunaan pupuk ikan dengan mengajak mahasiswa dalam pelaksanaannya. “Kita sangat senang dengan adanya percobaan pupuk ini, ini merupakan alternatif yang baik dan menguntungkan bagi kami ke depan” ungkap Abdul. Dalam kesempatan tersebut Abduh meminta jadwal dan urutan saat proses pemupukan. Dan Dekan FMIPA menyanggupi dengan akan membuat jadwal pemumpukan melalui mahasiswa yang sedang melaksanakan BKP MBKM. Hadir dalam acara tersebut Wakil Dekan I,  II dan III FMIPA Universitas Jember.

Sebagai informasi, Kelompok Tani Sido Makmur Jember yang berada di sekitaran Wirolegi Jember merupakan kelompok tani yang telah disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM pada tahun 2016 yang lalu. Sebelumnya kelompok tani ini juga telah menjadi tempat magang mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi. Perjanjian ini menjadi yang ketiga di tahun 2022, setelah terakhir bulan Juni lalu  menjalin kerjasama dengan Perkebunan Kahyangan Jember. Juga pada tahun 2020 dan 2021 FMIPA UNEJ telah menjalin kerjasama dengan beberapa PTN, instansi pemerintahan, lembaga perbankan juga swasta. Hal tersebut dilakukan sebagai sarana memberikan pilihan mahasiswa dalam pelaksanaan bentuk kegiatan pembelajaran program MBKM. Mahasiswa yang terlibat pun antusias, khusus untuk BKP yang di Kelompok Tani Sido Makmur Jember berharap ini bisa menjadi bahan untuk menyusun tugas akhir.

Dengan adanya kerjasama ini, Dekan FMIPA berharap agar Kelompok Tani Sido Makmur Jember terus menjalin komunikasi khususnya jika ingin memperluas dalam penggunaan pupuk ikan untuk pertanian dan jika membutuhkan bantuan kami dalam pelaksanaannya. “Dalam naskah kerjasama telah disampaikan bahwa Bapak Dr. Edy Supriyanto yang juga sebagai Wakil Dekan III FMIPA bidang kemahasiswaan sebagai narahubung, ini akan mempermudah dalam mengkomunikasikan antar kita dengan kelompok tani pimpinan Bapak” tutup Dekan FMIPA UNEJ. Perjanjian Kerja Sama berlangsung selama 1 tahun sejak ditanda tangani naskah kerjasama.